[Beauty Tips] My Dailly Face Care Routine

Sebelumnya saya sudah pernah share tentang perawatan rambut dan badan (cek disini), kali ini saya mau melanjutkan dengan perawatan wajahnya.. Saya agak nggak PD sih mau share tentang face care ini, karena wajah saya juga nggak mulus-mulus banget sebenernya.. Sampai saat ini masih dalam masa pencarian jati diri produk-produk yang pas banget buat jenis kulit manja saya ini.. Siapa tau temen-temen ada rekomendasi produk yang mungkin bisa cocok.. Jenis kulit saya normal to oily gitu.. Bagian pipi sedikit berminyak dan di T-zone lumayan banyak.. Kombinasi gitu lah.. Daaaan, gampang banget berjerawat padahal udah rajin dibersihin juga.. Pori-pori saya juga gede banget.. Langsung aja ya ke produk-produk apa aja yang saya pakai dan step-step nya..

a. Cleanser
    Saat ini saya pakai Wardah Purifying Cleanser with witch hazel.. Series purifying ini memang diperuntukkan buat jenis kulit normal cenderung berminyak.. Mengandung ekstrak witch hazel yang katanya bisa meringkas pori-pori.. Saya paling suka teksturnya yang lembut, nggak lengket dan wanginya seger banget.. Kemampuan mengangkat kotorannya juga bagus (masih di bawah Viva Milk Cleanser sih), tapi untuk make up waterproof masih belum sanggup.. Tetep harus dibantu pake make up remover, saya pakai Maybelline Eye and Lip Make Up Remover.. Daya angkat kotoran ini penting banget mengingat kulit wajah saya yang berminyak bikin dia gampang banget kotor, ditambah lagi saya tinggal di kota Jakarta yang jelas nggak bisa menghindar dari yang namanya polusi..
Wardah Purifying Cleanser and Toner
Cara pakainya cukup tuangkan produknya sedikit ke telapak tangan kemudian ratakan di wajah sambil dipijat lembut lalu angkat dengan kapas bersih.. 

b. Facial Wash
    Membersihkan wajah nggak cukup dengan cleanser aja.. Harus ada yang namanya facial wash atau sabun muka.. Dari dulu sabun muka kesayangan saya adalah dari Pond's.. Varian sih gonta-ganti, tapi pilihan terakhir jatuh pada Pond's Pure White Deep Cleansing Facial Foam with activated carbon.. Si activated carbon ini dipercaya bisa mengangkat kotoran secara menyeluruh sampai ke pori-pori sehingga bikin wajah nggak kusam karena kotoran yang numpuk.. Emang iya sih.. Setelah cuci muka pakai facial foam ini wajah saya rasanya bener-bener bersih, keset dan lebih cerah karena kotorannya udah keangkat.. Saya lebih suka sabun muka yang kaya gini daripada yang finishnya tuh masih lembab yang katanya lebih moisturizing (contohnya Wardah Facial Wash), karena menurut saya lebih berasa bersihin mukanya gitu.. Kalo mau bikin lembab kan masih ada pelembab juga.. Hehehe  Selain Pond's, saya juga punya Acnes Creamy Wash.. Tapi jarang-jarang sih pakainya.. Kalo lagi berminyak parah atau lagi ritual perawatan jerawat..

Acnes d & Pond's Facial Wash
Cara pakainya : basahi wajah, tuang facial foam ke telapak tangan dan gosok hingga berbusa.. Usapkan pada seluruh wajah dan leher sambil dipijat lembut agar kotoran terangkat.. Lalu bilas dengan air bersih..

TIPS : Jangan mengeringkan wajah dengan handuk.. Kita nggak pernah tahu berapa banyak kotoran yang numpuk di handuk kita.. Cukup diangin-anginkan ssmpai kering atau kalo nggak sabar bisa pakai tisu wajah..

c. Toner
    Toner ini adalah rangkaian terakhir dalam rangka membersihkan wajah, setelah cleanser dan facial wash.. Fungsinya bikin wajah lebih bersih dan segar.. Penyegar yang saya pakai adalah pasangannya si cleanser tadi, yaitu Wardah Purifying Toner with witch hazel.. Sama seperti cleansernya, saya paling suka aromanya yang seger banget dan bikin wajah jadi adem rasanya.. 
Caranya tuangkan sedikit toner di atas kapas bersih lalu tepuk-tepuk ringan di seluruh wajah dan leher..

d. Facial Serum
    Kalo saya bilang, ini produk tambahan aja sih.. Saya juga pakai ini baru beberapa bulan yang lalu.. Masih dari brand yang sama, saya pakai Wardah Purifying Facial Serum with high concentrate witch hazel extract.. Manfaatnya adalah untuk melembabkan kulit dan membantu meringkas pori-pori.. Serum ini berbentuk cairan bening sedikit kental (karena merupakan konsentrat), mirip gel tapi nggak lengket.. Setelah beberapa bulan pakai serum ini, yang saya rasakan adalah kulit wajah jadi lebih kenyal dan lumayan ngecilin pori-pori.. Tapi ini butuh waktu yang cukup lama..

Wardah Purifying Facial Serum
Cara pakainya tuangkan sedikit produknya di ujung jari lalu ratakan di wajah sebelum menggunakan pelembab..

e. Moisturiser
    Ini produk yang paling sering gonta-ganti.. Cerita dikit yaa.. Pas masa SMP saya pertama kali dikenalin sama pelembab dari Hazeline, yang selanjutnya bergabung sama Citra jadi Citra Hazeline.. Mulai SMA ganti pakai Pond's White Beauty.. Cukup lama sampai masuk kuliah saya masih pakai Pond's.. Dulu sih cita-citanya bikin kulit putih.. Dan baru sadar kalo si Pond's ini bikin kulit saya berminyak parah.. Setelah pakai Pond's saya pindah ke produk bayi.. Saya pakai Cussons Baby Lotion yang kuning buat jadi pelembab.. Cukup lama saya pakai itu dan bisa bikin kulit lebih cerah dan nggak berminyak lagi.. Tapi tetep berasa ada yang kurang, kurang nutrisi.. Ya, karena saya udah nggak menargetkan kulit putih, tapi yang penting sehat dan bersih.. Akhirnya saya coba pakai Natur-E Daily Face Cream sampai sekarang.. Awalnya saya pilih Natur-E karena sebelumnya saya sudah pakai Natur-E yang body lotion dan hasilnya saya suka banget.. Siapa tahu face creamnya juga saya cocok.. Namanya sih cream, tapi teksturnya menurut saya hampir mirip lotion.. Cukup melembabkan, ringan dan nggak lengket.. Tapiiiiiii, dia nggak ada oil controlnya.. Ini yang bikin saya sedih.. Saya suka dia melembabkan tapi nggak suka karena bikin muka saya kaya kilang minyak.. T.T Jadi saya nggak berani pakai produk ini pagi hari atau kalo mau keluar rumah.. Saya pakai ini malam hari aja pas mau tidur.. Sedangkan pagi harinya saya masih pakai Cussons Baby Lotion atau langsung pakai Maybelline White Superfresh Liquid Powder.. Sebenernya ini skincare merangkap make up juga.. Karena fungsi moisturiser, sunscreen (SPFnya 50++), foundation dan powder jadi satu dalam satu produk.. Ini produk andalan banget deh karena bisa banget menghemat waktu dan budget.. Hahahaha Maybelline ini cocok banget buat kulit berminyak.. Sama sekali nggak bikin wajah kita keliatan kaya sumur minyak.. 
Moisturiser
Sampai disini tadi adalah rangkaian face care rutin saya setiap hari.. Kalau mau pergi-pergi tinggal dilanjut pake make up.. Tapi postingan ini belum selesai.. Kalau yang udah saya sebutin di atas adalah perawatan sehari-hari.. Kali ini ada sedikit tambahan mengenai perawatan wajah yang saya lakukan 1-3 kali seminggu.. 

Masker
Ada 2 jenis masker yang saya pakai.. Masker yang pabrikan dan masker dari bahan-bahan alami.. Masker yang pabrikan ini biasanya saya pakai kalo lagi males ngeracik bahan-bahan gitu.. Produk yang biasa saya pakai saat ini adalah Acnes Tea Tree Oil Clay Mask dan Beauty Mask (sama-sama dari Mentholatum).. Yang Acnes sekaligus jadi rangkaian perawatan jerawat bersama produk Acnes lain yang saya punya.. Kalo wajah lagi capek banget dan pengen seger seketika, tinggal tempelin aja Beauty Mask.. Variannya bisa ganti-ganti sih karena sejujurnya saya nggak ngerasain manfaat yang langsung keliatan selain jadi adem aja.. :P

Acnes Clay Mask
Kalo lagi nggak males saya lebih milih pake masker alami karena hasilnya lebih keliatan.. Masker alami yang biasa saya pakai juga macam-macam :
- madu + lemon : untuk melembabkan dan mencerahkan
- putih telur + lemon : untuk memutihkan dan meratakan warna kulit
- bubuk kayu manis + madu : menghilangkan jerawat
- bubuk kopi + madu : untuk melembabkan sekaligus sebagai scrub
Cara pakainya bersihkan wajah dengan cleanser.. Aplikasikan masker ke wajah dan diamkan selama 30 menit (bisa lebih) sampai masker mengering.. Setelah itu bilas dengan air dan cuci wajah dengan facial wash..

Itu tadi serangkaian panjang perawatan wajah saya.. Saya lakukan semuanya sendiri di rumah karena saya hampir nggak pernah perawatan wajah ke salon atau ke klinik kecantikan.. Sekali pernah facial tapi itu bikin saya kapok banget.. Nggak mau lagi deh pokoknya.. Dan nggak mau pakai produk yang mahal tapi bikin ketergantungan.. Jadi saya lebih milih pakai produk-produk drugstore dan bahan-bahan alami yang nggak nguras kantong.. Semoga menginspirasi.. :)





3 comments:

  1. Cee... golek maybeline white superfresh liquid to powder foundation kwi nandi ce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Matahari atau swalayan2 yang ada counter Maybelline mesti ono kok is..
      Btw, thanks for stopping by..

      Delete